SELAMAT DATANG di WARALABA AYAM PENYET.... Ambil Peluang Usaha AYAM PENYET... SEKARANG!!!!

CARA MEMASAK AYAM PENYET SECARA UMUM

Wednesday, January 6, 2010

Rincian biaya untuk usaha seafood


Untuk memulai usaha rumah makan seafood ada baiknya kita mengetahui rincian biaya modal dan biaya lainnya. Agar kita semakin mantap dalam melangkah dan lebih bijak dalam mengatur keuangan dalam merintis usaha ini. Dibawah ini wenny berikan contoh perhitungan yang dapat Anda terapkan. Semoga bermanfaat.


Asumsi
1. Masa pakai tenda dan peralatan masak (magic jar, kompor gas, tabung gas, wajan, sutil, panci, dan dandang) 2 tahun.
2. Masa pakai peralatan makan (piring, gelas, sendok, dan garpu) serta spanduk 1 tahun.
3. Masa pakai meja dan kursi 2 tahun.

a. Biaya Investasi
Tenda                               Rp. 3.000.000
Peralatan masak                Rp. 1.200.000
Peralatan makan                Rp. 500.000
Spanduk                           Rp. 500.000
Meja dan kursi                  Rp. 1.300.000
Total investasl                Rp. 6.500.000

b. Biaya Operasional per Bulan
1. Biaya Tetap
Penyusutan tenda 1/24 x Rp. 3.000.000                         Rp. 125.000
Penyusutan peralatan masak 1 / 24 x Rp. l.200.000        Rp. 50.000
Penyusutan peralatan makan 1 / 12 x Rp. 500.000          Rp. 41.700
Penyusutan spanduk 1 / 12 x Rp.500.000                       Rp. 41.700
Penyusutan meja dan kursi 1 / 24 x Rp. l.300.000           Rp. 54.200
Upah karyawan 4 orang @ Rp. 650.000                        Rp. 2.600.000
Total biaya tetap                                                     Rp. 2.912.600

2. Biaya Variabel
Seafood (kepiting, udang, ikan, dan cumi)
Rp. l.000.000 / hari x 30 hari                                           Rp 30.000.000
Beras (6 kg x Rp. 6.000 / kg x 30 hari)                            Rp 1.080.000
Bumbu dan sayuran (Rp .l50.000 / hari x 30 hari)             Rp 4.500.000
Gas (6 tabung / bulan x Rp. 85.000/tabung)                      Rp 510.000
Bahan minuman (Rp. 50.000 / hari x 30 hari)                    Rp 1.500.000
Perlengkapan lain-lain (tisu, sabun, dan sedotan)
Rp. 30.000 / hari x 30 hari                                               Rp 900.000
Keamanan dan kebersihan ( Rp. 6.000/hari x 30 hari )     Rp 180.000
Listrik                                                                              Rp 75.000
Transportasi (Rp. l0.000 / hari x 30 hari)                          Rp 300.000
Total biaya variabel                                             Rp 39.045.000
Total biaya operasional                                       Rp 41.957.600

c. Penerimaan per Bulan
Seafood (Rp .l.500.000 / hari x 30 hari)                           Rp 45.000.000
Nasi (60 porsi x Rp. 2.000/porsi x 30 hari)                      Rp 3.600.000
Minuman (60 porsi x Rp. 3.000/porsi x 30 hari)               Rp 5.400.000
Total penerimaan                                                          Rp 54.000.000

d. Keuntungan per Bulan
Keuntungan = Total penerimaan-total biaya operasional
= Rp. 54.000.000 - Rp. 41.957.600
= Rp. 12.042.400

e. Revenue Cost Ratio (RIC)
RIC = Total penerimaan : total biaya operasional
= Rp. 54.000.000: Rp. 41.957.600 = 1,29

f. Pay Back period
Pay back period = (Total biaya investasi : keuntungan ) x 1 bulan = ( Rp. 6.500.000 : Rp. 12.042.400) x l bulan = 0,5 bulan atau 16 hari

No comments:

Post a Comment