Membeli Waralaba B to B
Page view: 431 times
Category: Tips
Oleh : Jeff Elgin
Sangat menarik mengamati peningkatan jumlah dan jenis industri yang menggunakan franchising sebagai strategi pertumbuhannya dalam 25 tahun terakhir. Dari semua itu, yang menarik adalah segmen jasa “konsultasi bisnis”.
Tipe-tipe waralaba tersebut muncul dengan aneka bentuk, namun yang ciri paling umum adalah memberikan layanan jasa dari terwaralaba (franchisee) kepada pebisnis atau entrepreneur.
Sementara sebagian orang masih bertanya kenapa perlu membeli waralaba semacam itu, banyak waralaba jenis ini justru sudah terbukti (proven) memiliki sistem, merek kuat dan pemasaran yang efektif, yang menjanjikan bisnis konsultasi sukses yang tak pernah anda miliki.
Waralaba bisnis konsultasi menyediakan sejumlah layanan berbeda. Beberapa yang umum adalah:
Bisnis Konsultasi Umum. Waralaba ini mengikuti pendekatan yang distandarisasi (standardized) untuk mengidentifikasi baik maslaah maupun peluang dalam berbagai operasi bisnis dan kemudian merekomendasikan strategi dan taktik untuk mengatasi tantangan atau mengambil peluang. Terwaralaba biasanya seseorang yang memiliki banyak pengalaman dalam aspek-aspek pertumbuhan bisnis yang dapat mengaplikasikan pengetahuan ini dalam konteks sistem waralaba.
Kelompok Penunjang CEO. Waralaba ini memfasilitasi interaksi, pembelajaran dan dukungan bagi pemimpin bisnis. Terwaralaba merekrut sejumlah CEO untuk membentuk kelompok yang biasanya terdiri dari belasan CEO yang bertemu dalam format grup bulanan untuk membandingkan catatan, mendiskusikan isu-isu, dan mendengarkan pembicara menyampaikan topik-topik yang diminati. Terwaralaba biasanya adalah pemimpin bisnis senior dengan pengalaman luas di dunia korporasi. Anda juga bisa mencari kelompok pendukung yang serupa yang fokus pada CFOs atau spesialisasi lainnya. (bersambung)
No comments:
Post a Comment