SELAMAT DATANG di WARALABA AYAM PENYET.... Ambil Peluang Usaha AYAM PENYET... SEKARANG!!!!

CARA MEMASAK AYAM PENYET SECARA UMUM

Monday, October 6, 2008

Think Big Think Franchise

By Administrator | May 16, 2008

Franchise telah mengantarkan banyak merek lokal maupun asing menjadi besar, bahkan mampu ekspansi lintas negara, benua, samudera dengan puluhan juta customer.

Membuat bisnis dapat bertumbuh menjadi besar dengan speed yang kencang memerlukan strategi dan taktik bisnis yang “cespleng”. Franchise diakui sebagai system yang dahsyat dalam mempercepat pertumbuhan outlet atau boleh disebut sebagai the enggine for growth. Sebab, franchise telah mengantarkan banyak merek lokal maupun asing menjadi besar, bahkan mampu ekspansi lintas negara, benua, samudera dengan puluhan juta customer. Karena franchising pada hakekatnya merupakan sebuah konsep memperluas jaringan.

Bicara franchise tak lepas dari kiprah merek global yang telah sukses seperti McDonalds, KFC, Subway, Burger King, A&W, Dunkin Donuts, Pizza Hut, Seven Eleven dan beberapa merek lainnya. McDonalds sebut saja dalam penulusuran tim riset Majalah Info Franchise terbitan April 2008 sudah hadir di 199 negara dan 6 benua dan Subway yang didirikan Fred Deluca tahun 1965 telah memiliki 29 ribu gerai lebih. Merek-merek tersebut diatas jelas buktinya nyata sistem franchise berhasil mengembangkan merek-merek tersebut sukses di pentas global.

Lalu bagaimana kiprah merek lokal? Bicara franchise lokal di Indonesia sebut saja ada Es Teler 77, ILP, Alfamart, Indomart, Primagama, Shop & Drive, Odiva, Multiplus, Apotik K-24, Veneta System, TX Travel, The Auto Bridal ataupun ratusan lainnya. Mereka juga berhasil mengepakan sayapnya melalui system franchise atau waralaba ke seluruh wilayah nusantara. Dalam riset kami Februari lalu, Primagama tercatat berhasil menambah gerai dalam setahun hingga 107 gerai, Furnimart 36 gerai, LP3I 35 gerai, Veneta System 34 gerai dan TX Travel 30 gerai. Tidak hanya itu bahkan Es Teller 77 sudah berhasil merambah Australia & Singapura. Veneta System sebagai merek lokal tinta isi ulang juga berhasil menembus pasar Malaysia. Ini merupakan bukti dan boleh kita acungi jempol atas prestasi tersebut.

Saya amati banyak sisi positif dari bisnis ini, terutama menyangkut hal Manajemen, Permodalan, dan Sumber daya manusia (SDM). Selain itu, Franchise juga merupakan jalur distribusi yang sangat efektif untuk mendekatkan produk kepada end user melaui tangan franchisee.

Apa sebenarnya keuunggulan bagi pemilik merek atas konsep ini? Pertama, Kecepatan ekspansi dengan modal pihak franchisee. Kedua, Franchisee akan membantu secara knowledge pasar di setiap outletnya. Ketiga, Motivasi franchisee untuk sukses jauh lebih baik dibanding dengan manager. Keempat, franchisor memiliki buying power kepada suplayer. Kelima, Adanya shared advertising dan Ketujuh, mendapat revenue dari franchise fee, royalti fee, penjualan produk, dan biaya lainnya.

Bagi franchisee konsep ini juga diakui memiliki banyak keuunggulan. Franchisee tidak memulai bisnis dari NOL lagi, tetapi menjalankan bisnis yang telah terbukti berhasil baik dari sisi merek, system, maupun berbagai support baik training karyawan & owner, bantuan pra opening atau pasca opening, marketing, produk, share experience dan lain sebagainya.

Lantas, usaha apa saja yang bisa difranchisekan? Semua usaha pada dasarnya bisa difranchisekan atau diwaralabakan. Yang penting harus memenuhi 6 kriteria yang tercantum dalam PP waralaba No.42 tahun 2007 yakni: Memiliki ciri khas usaha, Terbukti sudah memberikan keuntungan, Memiliki standar atas pelayanan dan barang dan/atau jasa yang ditawarkan yang dibuat secara tertulis, Mudah diajarkan dan diaplikasikan, Adanya dukungan yang berkesinambungan dan Hak Kekayaan Intelektual yang telah terdaftar.

Bicara franchise tentunya hal yang sangat menarik. Bagi saya bisnis franchise merupakan sumber inpirasi, gagasan & pembelajaran, bahkan boleh dikatan sleep, eat and dream with franchise. Untuk itu saya akan berbagi pengamatan, pengalaman dan pemikiran saya dalam sebuah buku “Think Big Think Franchise” ada 4 pemikiran dalam buku tersebut yang saya yakini dapat berkontribusi untuk usaha Anda menjadi besar melalui franchise. Coming Soon!

Salam Franchise,
Tri Raharjo Pemimpin Redaksi

No comments:

Post a Comment