Salah satu kegiatan promosi yang paling efektif untuk menjaring
calon franchisee adalah lewat pameran. Bagaimana pameran bisa
mengudang ketertarikan calon franchisee untuk membeli unit bisnis
franchisor?
Mungkin sangat berlebihan jika aspek stand (booth) di sebuah pameran
bisa mengundang ketertarikan calon franchisee untuk membeli bisnis
franchise. Sebab, stand tidak termasuk dalam kriteria sebuah performa
bisnis. Namun tidak bisa dipungkiri, ketertarikan seorang calon
franchisee di sebuah pameran terhadap sebuah unit bisnis bisa dimulai
dari aspek mata. Yakni desain stand yang eye catching.
Dari situ, pengunjung bisa mampir untuk melihat-lihat dan memulai
bertanya pada pokok bisnis dari stand tersebut. Harus diakui memang,
desain yang unik bukanlah jaminan untuk pengunjung atau peminat bisnis
franchise untuk membeli. Keputusan calon franchisee untuk membeli
sebuah bisnis franchise di pameran sangat ditentukan oleh paket -
paket franchise yang ditawarkan oleh franchisor. "Franchisee umumnya
akan menilai suatu franchise dari paket franchise yang ditawarkan,
bukan dari penampilan stand/booth franchisor dalam pameran," kata
pengamat franchise, Suzanna SSA Franchise Consulting.
Karena itu, saran Suzanna, yang harus lebih diperhatikan oleh
franchisor adalah efektivitas dan efisiensi dalam mempresentasikan
atau menawarkan paket - paket franchise di dalam sebuah pameran.
Sedangkan jumlah pengunjung yang datang ke sebuah stand bukan sebuah
ukuran keberhasilan franchisor mengikuti pameran.
Suzanna menegaskan, mengikuti pameran merupakan langkah efektif untuk
menawarkan bisnis franchise bagi franchisor. Karena pameran menjadi
salah satu sarana bagi franchisor untuk bertemu dengan prospek/calon
franchisee secara langsung. "Yang terpenting adalah memilih untuk
mengikuti pameran yang tepat, dengan publikasi yang cukup dan
pengunjung yang memang benar-benar terseleksi, yaitu mereka yang ingin
mencari peluang di bisnis franchise," ungkapnya.
Ditambahkan, banyak pameran yang ramai dikunjungi tapi tidak terjadi
kerja sama apapun, karena kebanyakan pengunjungnya hanya melihat-lihat
atau bahkan sebagai sarana rekreasi keluarga. Maka itu, saat ini,
penyelenggara pameran semakin memberi harga tinggi untuk tiket
masuknya. Sehingga, pengunjung lebih terseleksi pada merek yang
benar-benar tertarik untuk mencari bisnis franchise.
Diakui Suzanna, langkah awal untuk menjadikan sebuah stand lebih
menarik adalah lokasi yang strategis. Menurutnya, lokasi paling baik
dan strategis terletak di dekat pintu masuk atau di tempat yang
terlihat dari lebih banyak arah.
Selain itu, perlu diperhatikan juga para "tetangga" gerai yang ada di
sekitar. Jangan sampai kalah dari sisi tampilan. Jika gerai "tetangga"
memiliki hiasan yang gila-gilaan, bisa-bisa gerai Anda tenggelam.
Namun sebenarnya, tandas Suzanna, ketertarikan calon franchisee
terhadap sebuah bisnis franchise lebih didahului oleh keinginan untuk
mengetahui paket franchise yang ditawarkan melalui brosur yang
dibagikan. Jika secara umum paket franchise tersebut cocok dengan
mereka, mereka akan mengunjungi/masuk
Sumber : Majalah Info Franchise Indonesia
www.majalahfranchise.com
No comments:
Post a Comment